October 25, 2025
Perbedaan 8 Brand Emas Batangan Lokal: Pilihan Bukan Cuma Antam dan UBS

Perbedaan 8 Brand Emas Batangan Lokal: Pilihan Bukan Cuma Antam dan UBS

Jun 11, 2025

emas.id – Setiap orang punya alasan berbeda dalam membeli emas batangan. Sebagai aset stabil yang bernilai tinggi, emas batangan digunakan untuk lindung nilai dan diversifikasi portofolio. Banyak juga yang membelinya untuk tabungan jangka panjang, hadiah, koleksi, serta kebutuhan budaya dan tradisi seperti untuk emas kawin, acara adat, dan simbol status.

Di Indonesia sendiri tersedia emas batangan dari beragam brand. Di samping Antam dan UBS, ada brand Galeri24, EMASKU, Wonderful Wish, Waris, Lotus Archi, serta Semar Gold. Semua brand tersebut memiliki produsen, desain dan ukuran, standar, harga, serta penjualan yang belum tentu sama.

Karakteristik produk dari sejumlah brand di atas harus dipertimbangkan dahulu sebelum melakukan pembelian. Penting untuk mengetahui perbedaannya supaya emas batangan yang ingin diinginkan mempunyai harga sekaligus kualitas terbaik yang sesuai tujuan pembelian. Tanpa berlama-lama, berikut ini perbedaan 8 brand emas batangan lokal di Indonesia.

Produsen

Produsen merupakan latar belakang penting bagi suatu produk emas batangan. Mengingat setiap produsen mempunyai standar, sertifikasi, harga, desain, likuiditas, dan reputasi masing-masing. Di samping produsen emas batangan Antam dan UBS, masih ada produsen lainnya yang patut diperhitungkan.

1. PT Aneka Tambang Tbk

PT Aneka Tambang Tbk merupakan produsen emas batangan bermerek Antam. Perusahaan yang didirikan pada 1968 ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Di sektor pertambangan, pergerakannya mulai dari aktivitas eksplorasi, penambangan, pengolahan, serta pemasaran komoditas emas, perak, bauksit, nikel, feronikel, dan batu bara.

2. PT Untung Bersama Sejahtera

Produsen emas batangan bermerek UBS yaitu perusahaan swasta nasional di Surabaya bernama PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan tersebut beroperasi selama lebih dari 40 tahun sejak 1981. Awalnya, produk UBS Gold dihasillan dari produksi rumahan sederhana hingga terus berkembang menjadi produksi perusahaan ternama.

3. PT Pegadaian Galeri Dua Empat

PT Pegadaian Galeri Dua Empat yakni perusahaan industri manufaktur dan retail. Perusahaan tersebut menyediakan layanan pemurnian juga produksi retail emas dan perhiasan di Galeri24. Awalnya, PT Pegadaian Galeri Dua Empat berada di bawah divisi bisnis PT Pegadaian, namun memisahkan diri menjadi anak PT Pegadaian sejak 2018.

4. PT Hartadinata Abadi Tbk

Produsen emas batangan EMASKU yaitu PT Hartadinata Abadi Tbk yang resmi didirikan pada 2004. Perusahaan dengan kode emiten HRTA ini telah mempunyai tiga anak perusahaan. Di antaranya PT Gemilang Hartadinata Abadi di ranah pegadaian, PT Emas Murni Abadi di ranah pemurnian logam mulia, serta PT Emas Karya Abadi di ranah reseller.

5. CV Cipta Berkat Asia

Wonderful Wish merupakan brand lokal di bawah CV Cipta Berkat Asia. Pada brand yang berdiri sejak 2016 ini tersedia emas batangan 24 karat dengan layanan custom ukiran tulisan, logo, serta foto atau gambar sesuai kebutuhan pembeli. Layanan tersebut bisa menjadikan emas sebagai hadiah untuk menghargai sosok dan momen bernilai.

6. PT Sampoerna Gold Indonesia

Emas batangan bermerek Waris diproduksi oleh PT Sampoerna Gold Indonesia yang berdiri sejak 2019. Perusahaan tersebut berada di bawah naungan Sampoerna Group yang eksis dari 1913. Sampoerna Gold Indonesia memiliki visi dan misi untuk mendukung kebutuhan investasi serta tabungan masyarakat Indonesia dengan adanya produk Waris.

7. Lotus Lingga Group dan Archi Group

Produsen emas batangan Lotus Archi merupakan perusahaan patungan atau joint venture Lotus Lingga Group dan Archi Group yang terbentuk pada 2019. Emas Lotus Archi merupakan hasil kolaborasi pengalaman dalam produk berbasis pelanggan dari Lotus Lingga Pratama serta kecakapan operasional pertambangan emas dari Archi Group.

8. PT Kerja Gotama Bersaudara

Produsen emas batangan Semar Gold yaitu PT Kerja Gotama Bersaudara. Perusahaan yang dikenal dengan Semar Group ini telah eksis sejak 1969. Semar Group dikenal mempunyai produk perhiasan berkualitas tinggi, sistem jual-beli serta buyback yang terpercaya, juga adanya layanan servis dan reparasi.

Desain dan Ukuran

Membedakan desain dan ukuran emas dari berbagai merek sangat penting dilakukan karena bisa berpengaruh pada nominal harga jual dan beli, tujuan penggunaan, tingkat likuiditas, juga biaya untuk penyimpanan dan keamanan. Memahami perbedaannya dapat membantu pembeli memutuskan pembelian yang sesuai kebutuhannya.

1. Antam dan UBS

Emas Antam berbentuk batangan 24 karat dengan gramasi 0,5 gram-1 kilogram. Variasinya bisa secara tematik seperti motif batik serta peringatan hari Idul Fitri dan Imlek. Ada juga gift series untuk berat 0,5-1 gram. Sedangkan produk emas UBS berupa perhiasan, angpao, dan batangan 24 karat dari 0,1-100 gram. Desain koleksi emas UBS sangat variatif.

2. Galeri24 dan EMASKU

Selain menjual emas dari vendor lain semisal Antam dan UBS, Galeri24 pun memproduksi emas perhiasan serta emas batangan sendiri yang berbobot 0,5-100 gram. Berikutnya, ada variasi emas batangan 24 karat dari EMASKU yang berupa non-capsule 125-1000 gram, capsule 5-100 gram, prime 25-100 gram, moment series 0,1-5 gram, serta microgold 0,1 dan 0,25 gram.

3. Wonderful Wish dan WARIS

Wonderful Wish menyediakan emas batangan 24 karat dari berat 0,1-100 gram. Pilihan bentuknya yaitu kotak, koin, oval, hati, dan muka. Semuanya bisa diukir sesuai permintaan desain pembeli. Adapun varian emas batangan Waris 24 karat mulai dari gramasi 1-100 gram dengan pilihan edisi klasik dan pilihan edisi spesial dengan konsep tertentu.

4. Lotus Archi dan Semar Gold

Emas Lotus Archi berbentuk batangan 24 karat dari 0,1-100 gram. Variannya mulai dari Merah Putih, Suwarna Nusantara, Warner Bros, Disney, serta gift series dan paper gold tematik. Tersedia juga produk emas batangan Semar Gold yang tingkat kemurniannya 24 karat dari gramasi 0,1-50 gram dengan variasi gift series dan hampers.

Standar

Emas yang telah memenuhi standar internasional bisa memberikan keunggulan dalam hal likuiditas global, nilai investasi di pasar global, kemudahan transaksi, reputasi dan kepercayaan, serta terbatasnya risiko penipuan. Sementara itu, standar di tingkat nasional lebih praktis dan terjangkau untuk kebutuhan domestik.

1. Standar LBMA

Hanya emas Antam yang mendapatkan akreditasi internasional dari London Bullion Market Association (LBMA). Asosiasi tersebut memberikan sertifikat Responsible Gold yang memastikan bahan logam mulia Antam bebas dari penambangan ilegal, pencucian uang, terorisme, perdagangan manusia, serta pelanggaran hak asasi manusia.

Dengan memenuhi standar LBMA, emas Antam mempunyai sejumlah keunggulan yang menguntungkan. Di antaranya, emas Antam memiliki jaminan kualitas dan kemurnian yang tinggi, mudah diperjualbelikan secara internasional dan mengakses pasar premium, reputasinya lebih dipercaya oleh investor, serta nilai buyback yang lebih baik.

2. Standar SNI

Produk emas batangan UBS Gold, Galeri24, EMASKU, Wonderful Wish, dan Lotus Archi sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Adapun standar keaslian emas batangan Waris dan Semar Gold dirilis oleh perusahaannya masing-masing. Beberapa merk emas batangan juga ada yang menggunakan certified assayer (penguji bersertifikat).

Selain LBMA, standar ISO (dimiliki EMASKU) cukup bisa meningkatkan kepercayaan global terhadap hasil uji emas. Assayer juga bisa memverifikasi kemurnian tapi kekuatannya tergantung pada akreditasi. SNI sendiri lebih melindungi konsumen dan mengatur pasar domestik. Adapun standar dari internal perusahaan umumnya lebih relevan secara lokal.

Harga

Fluktuasi harga emas batangan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari tingkat penawaran dan permintaan, nilai tukar mata uang, kebijakan moneter, kondisi geopolitik, biaya produksi dan distribusi, merk dan sertifikasi, serta sentimen pasar. Di Indonesia, kebijakan pemerintah dan harga dari penyedia juga memengaruhi.

Secara umum, memang produk emas batangan brand Antam punya harga lebih mahal dari merek emas batangan lainnya di Indonesia. Penjualan emas batangan dari perusahaan tersebut cenderung dominan di Indonesia. Walau relatif lebih tinggi dari segi harga, produknya memiliki likuiditas tinggi yang gampang dijual kembali di dalam juga di luar negeri.

Adapun brand emas batangan seperti UBS Gold, Galeri24, EMASKU, Wonderful Wish, Waris, Lotus Archi, dan Semar Gold bisa lebih murah daripada Antam. Harga emas batangan yang lebih rendah atau ekonomis memudahkan pembelian dengan biaya yang minim. Poduknya juga mempunyai likuiditas yang baik di pasar domestik.

Penjualan

Umumnya penjualan emas batangan dari brand lokal di Indonesia sudah fleksibel. Penjualan offline tersedia di toko emas tradisional atau modern yang bermitra, maupun di outlet, galeri, atau butik milik brand sendiri. Sedangkan penjualan online tersedia di website resmi maupun media sosial tiap brand, atau di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Mengenai informasi lebih lanjut seputar penjualan, kunjungi website resmi masing-masing brand seperti Antam di logammulia.com, UBS Gold di ubslifestyle.com, Galeri24 di galeri24.co.id, EMASKU di hartadinataabadi.co.id, Wonderful Wish di wonderfulwish.id, Waris di sampoernagold.com, Lotus Archi di lotusarchi.com, dan Semar Gold di semar.co.id.

Kesimpulan

Seiring dengan bekennya brand Antam dan UBS, brand lokal seperti Galeri24, EMASKU, Wonderful Wish, Waris, Lotus Archi, serta Semar Gold juga bisa menjadi pilihan masyarakat yang sedang mempertimbangkan pembelian emas batangan. Setiap brand memiliki karakteristik khas yang bisa disesuaikan dengan tujuan pembelian.

Trading Emas. Spread Mulai dari 1 Pips!

X